Pro dan Kontra Menjadi Seorang Freelancer

Bagi sebagian orang, menjadi seorang feelancer merupakan hal yang menguntungkan. Selain karena bebas menentukan jam kerja dan bebas tekanan dari bos, keuntungan lain menjadi seorang freelancer ialah penghasilan yang ia terima akan langsung masuk ke kantong pribadi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Freelancer Union mengungkapkan bahwa sebanyak 34% penduduk Amerika telah menjadi seorang freelancer. Sementara itu, Intuit INTU meproyeksikan bahwa pada tahun 2020 mendatang populasi  freelancer di Amerika akan naik menjadi 40%.

freelancer

Well, meskipun telah diramalkan bahwa pekerja freelance akan bertambah di masa yang akan datang, tetapi saat ini masih terdapat pro dan kontra terhadap jenis pekerjaan yang satu ini. Ssimak infografik berikut ini ya.

Pro

Kontra

Kompensasi

Seorang freelancer memungkinan untuk mendapatkan kompensasi yang lebih. Tidak hanya gaji yang langsung masuk ke kantong, tetapi jam kerja seorang freelancer memungkinkan kamu bisa bekerja sambil liburan atau di tempat yang benar-benar membuat nyaman. Bye bye office!

Bergantung hoki

Sayangnya, seorang freelancer tidak dapat menentukan sebuah penghasilan atau beban kerja. Menjadi seorang freelancer berarti harus menghadapi hal yang tidak konsistenan. Bisa juga disebut seperti menunggu hoki.

Do what you love

Bekerja biasa mungkin sangat membutuhkan effort karena jam kerja yang panjang, padat, dan terdapat beberapa kesulitan yang menganggu. Sedangkan seorang freelancer dapat memilih pekerjaan apapun yang menjadi kesukaannya. Bukankah bekerja yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar?

Beririsan dengan kehidupan pribadi

Karena jam kerja yang sangat fleksibel, berarti bekerja dan kehidupan pribadi akan saling beririsan. Apakah sudah benar-benar siap?

No more politic office

Menjadi seorang freelancer tentu akan bebas dari rekan kerja yang menyebalkan, berbagai sindirian maupun gosip, atau persaingan yang tidak sehat lainnya. Kamu akan lebih santai menikmati hari dan fokus menyelesaikan proyek yang kamu sukai.

Disiplin dan motivasi

Ketika tidak ada lagi tekanan dari bos, berarti tidak ada lagi kontrol. Maka tidak ada yang menjamin bahwa profit kerja akan naik, flat, atau bahkan turun. Semuanya akan bergantung pada kedisiplinan dan motivasi kerjamu.

Menjadi seorang freelancer memang memiliki keuntungan dan kerugian. Kamu bisa menjadi bebas dan profesional, atau malah menjadi tidak stabil dan gagal. Keduanya seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Lakukanlah dengan profesional dan sesuai dengan tujuan awal. Kemudian rencanakan dengan matang dan seimbang. Bagaimana, sudah siap menjadi seorang freelancer?

About Author

Building my startups, Jobhun. Also managing DILo Surabaya coworking space. I also leading my communities, Facebook Developer Circles Surabaya and Tech In Asia City Chapter Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami