Pasang Loker

Rata-rata Gaji Pekerjaan Paling Hits di Era Ini

Rata-rata Gaji Pekerjaan Paling Hits di Era Ini

Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim, pernah berkata bahwa pekerjaan yang sedang hits di era ini meliputi Software Engineer, Product Manager, UX Designer, Researcher, dan Analyst. Dari kelima pekerjaan top tersebut, tentunya masing-masing memiliki gaji yang juga sangat menggiurkan. Lalu berapa sih gajinya? Yuk Jobhuners, kita bedah bersama rata-rata gaji pekerjaan paling hits ini!

 

Software Engineer

Software Engineer mempunyai peran dalam analisis, pengembangan, perawatan, percobaan, dan evaluasi perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman. Junior software engineer mempunyai rata-rata gaji antara 4-5 juta. Software Engineer Analyst mempunyai rata-rata gaji 8-12 juta. Sedangkan untuk Senior Software Engineer, rata-rata gaji berada direntang 19-24 juta. Beberapa perusahaan besar yang berani memberikan gaji tinggi untuk Software Engineer antara lain Telkomsel, IBM, Accenture, dan Pertamina.

Product Manager

Product Manager mempunyai peran besar dalam mengatur strategi, jalannya produksi, marketing, dan forecasting dari produksi produknya. Asisten manajer dari Product Manager memiliki gaji dengan rata-rata 5 juta, bahkan pegawai asisten manajer di Bank Mandiri memiliki gaji di angka 7 juta. Sedangkan untuk Product Manager itu sendiri mempunyai gaji yang tinggi nih Jobhuners, yaitu kisaran 10-20 juta, bahkan untuk perusahaan seperti Chevron dapat tembus di angka 55 juta!

UX Designer

UX Designer mempunyai peran dalam mengembangkan wireframes sesuai dengan keinginan pengguna, membuat software yang user  friendly, serta melakukan pengujian dan research. Junior UX designer mempunyai rentang gaji antara 4-6 juta, sedangkan senior UX designer mempunyai rentang gaji antara 10-12 juta. Namun, ada beberapa perusahaan yang memberikan gaji selangit untuk Senior UX Designer, yaitu sekitar 16-24 juta.

Researcher

Researcher mempunyai peran untuk merancang, mencari, dan menganalisis informasi dengan cara melakukan sejumlah percobaan untuk mendapatkan hasil yang paling optimal. Junior Researcher mempunyai rentang gaji sekitar 4-6 juta, sedangkan untuk Senior Researcher 10 juta. Beberapa universitas yang membutuhkan Researcher memberikan gaji dengan rentang 2-4 juta, sedangkan Researcher di kementerian pertanian diberi gaji sekitar 6 juta. Namun ada beberapa perusahaan yang menawarkan gaji tinggi, seperti Chevron memberikan gaji 32 juta untuk Researcher-nya.

Analyst

Analyst mempunyai peran dalam memberikan jawaban atas keinginan pasar dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan tersebut. Analyst dituntut untuk membaca data yang ada dan mencari solusi paling optimal, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan bisnis. Analyst mempunyai beberapa bidang tersendiri seperti analis bisnis, analis teknis, analis teknologi, dan berbagai macam analis yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan. Secara umum, Analyst mempunyai rentang gaji antara 8 – 12 juta. Namun banyak perusahaan yang berani memberikan gaji tinggi, seperti Chevron, Boston Consulting, Shell, ConocoPhillips, dan Pertamina. Perusahaan-perusahaan tersebut mampu memberikan gaji di atas 30 juta.

 

Jadi, menurut data yang telah disebutkan di atas, gaji terbanyak dipegang oleh product manager, disusul oleh analis dan researcher, kemudian yang terakhir adalah UX designer dan software engineer. Kalian berminat dengan profesi yang mana nih, Jobhuners?

About Author

Content Writer of Surabaya Soul Society and Jobhun Intership Batch 7.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami