Rayi Dwitiya: Berbagi Tips dan Pengalaman sebagai Content Writer

Rayi Dwitiya: Berbagi Tips dan Pengalaman sebagai Content Writer

Jobhuners, kamu suka menulis dan ingin menekuninya sebagai karier utama? Profesi Content Writer bisa menjadi jawaban untuk ​​​​passion-mu di dunia kepenulisan. Saat ini, kesempatan untuk profesi ini juga semakin banyak, lho! Tidak hanya di industri media, perkembangan dunia digital membuat profesi ini semakin dibutuhkan untuk meramaikan ​website dan laman media sosial berbagai brand. Buat kamu yang ingin mengenal lebih dekat profesi ini, coba simak cerita karier dari Rayi Dwitiya, mentor Jobhun Academy kelas Content Writer yang sudah mengecap pengalaman hingga saat ini menduduki posisi Senior Content Writer di BukaLapak.​​​​

1. Halo, Rayi! Gimana nih, kesibukan sehari-hari Rayi sebagai Content Writer di BukaLapak?

Hai, Jobhun! Sebagian besar waktu saya sebagai content writer tentunya didedikasikan untuk duduk di depan laptop dan menulis artikel yang berkaitan dengan kebutuhan website BukaReview. 

2.  Sebelum menjadi Content Writer di BukaLapak, bagaimana pengalaman Rayi di dunia kepenulisan? Masih ingat tulisan pertama yang berhasil diterbitkan?

Pengalaman saya dimulai sejak SMP. Dulu, saya suka menulis cerpen dan mengirimnya ke salah satu majalah remaja. Namun, minat saya berubah ketika masuk kuliah dan mencoba untuk menulis berita, artikel ringan, sampai pada akhirnya jatuh hati dengan dunia fashion journalist. Lalu, saya bekerja sebagai  fashion journalist di Majalah Kartini dan pekerjaan pertama tersebut mengantarkan saya hingga sampai di posisi saat ini. Saya ingat samar-samar mengenai tulisan pertama saya yang diterbitkan di koran Media Indonesia. Saat itu, topik tulisan yang saya ambil mengenai ‘Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok’. 

3. Bagaimana cara Rayi menemukan inspirasi untuk menulis?

Ide biasanya muncul karena ada pertanyaan yang nggak terjawab di kepala sendiri. Memerhatikan sekitar juga bisa membuahkan inspirasi untuk tulisan. 

4. Menurut Rayi, apa keseruan dari profesi ini yang membuat Rayi ingin menekuninya?

Hubungan membaca dan menulis sangat erat. Ketika ingin membuat satu artikel mengenai topik tertentu, pastinya penulis perlu membaca banyak hal untuk menyusun tulisan yang berkualitas. Karena itu, menulis jadi membuat saya setidaknya sedikit tahu banyak hal. Jika punya kesempatan untuk bertemu dengan narasumber yang inspiratif, secara tidak langsugng pikiran saya ikut terbuka luas. 

Rayi Dwitiya: Berbagi Tips dan Pengalaman sebagai Content Writer
Rayi Dwitiya: Berbagi Tips dan Pengalaman sebagai Content Writer

5. Selain membuat tulisan, apa saja keahlian yang harus dikuasai seorang Content Writer?

Kemampuan komunikasi, mengetahui dasar SEO, mudah beradaptasi, dan research skill setidaknya harus dimiliki seorang Content Writer. Good research is key for good content writing. Hal itu juga bisa menambah kredibilitas seorang Content Writer. 

6. Menurut Rayi, bagaimana caranya supaya bisa memulai karier sebagai Content Writer? Apa persiapan yang bisa dilakukan?

Karena Content Writer berkaitan dengan kepenulisan, begitu penting untuk mengetahui dasar-dasar penulisan seperti tata bahasa, cara menyusun kalimat, dan struktur dari sebuah artikel. Mengetahui ilmu dasar SEO juga penting. Dimulai dari magang atau membuat blog berisi artikel original buatan sendiri juga bisa untuk menambah portofolio. 

7. Sebutkan 3 starter kit seorang Content Writer menurut Rayi!  PUEBI & KBBI sebagai pedoman tata bahasa, tools pencari keyword gratis seperti Ubersuggest, dan media sosial yang menempatkan semua kebutuhan topik Content Writer dalam satu genggaman.

Nah, ternyata profesi sebagai Content Writer sangat prospektif ya, Jobhuners! Selain kesempatan untuk menekuni hingga posisi senior, kamu juga bisa mengeksplor karier di dunia kepenulisan sebagai fashion journalist atau jurnalis dengan topik spesifik lainnya. Coba terapkan saran dari Rayi untuk melakukan persiapan seperti menekuni ilmu kepenulisan dari dasar, pengetahuan tentang SEO, hingga mengikuti program magang dan menulis di blog untuk menambah portofolio. Kamu juga bisa belajar secara intensif bersama Rayi dengan mengikuti kelas Jobhun Academy Content Writer!

About Author

Nabila Aulia Putri
Public Relations & Creative Content Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami