Pasang Loker

Siapkan 5 Hal Ini Agar Maksimal di Job Fair!

Persaingan dalam mencari pekerjaan memang semakin ketat. Meski info lowongan kerja bertebaran di internet, nyatanya masih ada banyak orang yang menganggur. BPS (Badan Pusat Statistik) sendiri menyebutkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,04 juta per Agustus 2017. Hal ini lah yang menyebabkan para pencari kerja perlu mencari cara lain, salah satunya dengan datang ke bursa kerja atau job fair. Di job fair, kamu berkesempatan untuk bertemu langsung dengan perwakilan dari banyak perusahaan. Selain itu, kamu pun memiliki peluang untuk mempromosikan diri semaksimal mungkin sehingga bisa dipertimbangkan untuk posisi yang kamu inginkan.

Untitled-1

Di tahun 2017, Kemnaker (Kementrian Ketenagakerjaan) telah menggelar job fair nasional yang bertempat di Jakarta Pusat dengan total pengunjung mencapai 20.588. Dengan jumlah pengunjung sebanyak itu, tentu kamu akan butuh strategi khusus supaya bisa bersaing dan menarik hati perusahaan impian. Lalu, apa saja sebenarnya yang perlu dipersiapkan agar maksimal saat mengunjungi job fair?

Menggali Informasi

Saat mengetahui info penyelenggaraan job fair, kamu harus mencari tahu lebih banyak mengenai acara tersebut. Apakah perlu melakukan registrasi dan pembayaran, info terkait peraturan, serta panduan acara. Sebaiknya, kamu juga mencari tahu tentang perusahaan apa saja yang akan ada di sana. Setelah itu, pilih perusahaan yang nantinya menjadi prioritas kamu. Siapkan diri lebih matang dengan mengetahui informasi penting terkait perusahaan tersebut.

Penampilan profesional

Penampilan menjadi hal pertama yang terlihat saat kamu bertemu perwakilan perusahaan di job fair. Pakaian yang profesional akan menunjukkan kesiapan dan keseriusan untuk melamar pekerjaan. Coba gunakan setelan atau blus yang rapi. Kesan pertama yang positif akan memiliki nilai tambah tersendiri.

Membawa data penting

Karena ingin melamar pekerjaan, tentu kamu tidak boleh lupa dengan data-data yang wajib dibawa. Siapkan CV, surat lamaran, portofolio, berkas-berkas akademik, pas foto, dan lainnya sesuai kebutuhan. Selain dalam bentuk hard copy, kamu juga perlu menyiapkannya dalam bentuk soft copy karena beberapa perusahaan telah menggunakan sistem pelamaran online.

Latihan promosi diri

Jangan sampai kamu membuang peluang hanya karena tidak bisa menunjukkan kemampuanmu di hadapan para perekrut. Siapkan poin-poin yang ingin kamu sampaikan sehingga bisa menarik perhatian mereka. Manfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kemampuan, pengalaman, serta alasan mengapa kamu pantas mendapatkan posisi di perusahaan tersebut.

Persiapan wawancara

Akan ada banyak perusahaan yang langsung melakukan sesi wawancara saat job fair. Sesi wawancara adalah salah satu tahap penting yang perlu kamu lalui. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik dan matang sehingga nantinya bisa menjawab dengan baik.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kamu siapkan supaya bisa maksimal saat datang ke job fair. Sebagai pencari kerja, tentu kita harus optimis dan terus-menerus berusaha mencari peluang. Tidak ada salahnya kan mencari pekerjaan melalui salah satu cara yang cukup terkenal ini? Bisa jadi ini job fair merupakan salah satu kesempatan emas untuk kamu, Jobhuners!

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

Building my startups, Jobhun. Also managing DILo Surabaya coworking space. I also leading my communities, Facebook Developer Circles Surabaya and Tech In Asia City Chapter Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami