Pasang Loker

Sulit Menabung? Ketahui 6 Alternatif Cara Lainnya untuk Menyimpan Uang

Menabung merupakan hal yang tidak mudah bagi sebagian orang, khusunya bagi para milenial. Apakah kamu juga mengalami ini, Jobhuners? Konsumerisme adalah tantangan tersendiri yang harus siap dihadapi di era ini. Rasanya ada saja alasan untuk mengeluarkan uang, bahkan untuk hal-hal sepele hingga akhirnya sulit menyisihkan uang untuk ditabung. Pendapatan pun jadi cepat habis. Dikutip dari tirto.id, survei dari Go Banking Rates terhadap 7.000 milenial di Amerika Serikat pada tahun 2016 menyatakan 69% responden hanya memiliki tabungan di bawah 1.000 dolar AS.

Di era modern, manajemen keuangan menjadi begitu penting. Kesehatan finansial dinilai cukup berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental dan fisik seseorang. Bahkan, dalam buku berjudul Psychology Applied to Modern Life: Adjustment in the 21st Century disebutkan bahwa masalah finansial merupakan chronic stressor atau sumber stres berkepanjangan. Maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengelola uang, termasuk metode menabung yang efektif. Jika selama ini masih kesulitan dalam menyisihkan uang untuk disimpan, berikut alternatif cara menabung lainnya yang bisa kamu pilih.

Menyimpan uang koin

Uang koin sering diabaikan karena nilainya yang dirasa kecil. Namun, daripada uang koin tidak terpakai atau seringkali hilang, kamu bisa mengumpulkannya ke suatu wadah untuk ditabung. Meski akan butuh waktu lama untuk menuai hasilnya, cara ini sangat mudah dilakukan. Bahkan, kamu tidak akan merasa seperti sedang menabung.

Menabung dengan emas

Jika menabung dalam bentuk uang masih terasa sulit, kamu bisa menukarnya dengan bentuk emas. Harga emas yang kerap naik juga memiliki keuntungan tersendiri alias bisa juga dijadikan sebagai investasi.

Menerapkan uang pinalti

Punya kebiasaan buruk tapi ingin segera mengubahnya? Kamu bisa mewujudkan itu sekalian dengan menabung. Uang pinalti adalah uang yang harus kamu sisihkan setiap kamu melakukan kebiasaan buruk tersebut. Hasilnya tabungan tidak hanya akan menumpuk, kebiasaan buruk pun bisa hilang.

Sisihkan 20 ribu per hari

Menabung kerap dikaitkan dengan jumlah uang yang besar per bulannya. Padahal kamu bisa menyicil dari nominal yang kecil lho. Melalui metode ini, kamu hanya diminta untuk menyisihkan 20 ribu per harinya. Dompet tidak akan langsung terkuras banyak, tapi tabungan tetap bisa bertambah.

Menggunakan autodebit bank

Punya penghasilan per bulan bukan berarti kamu bisa langsung pandai dalam mengelola keuangan. Jika uang bulanan dirasa mudah habis, kamu bisa menggunakan sistem autodebit bank. Dengan begitu, bank tempatmu menerima gaji akan secara otomatis memotong gajimu dan mengalokasikannya ke dalam tabungan.

Mulai berinvestasi

Cara terakhir ini seringkali jadi andalan jika kamu adalah tipe orang yang well-planned. Investasi bisa dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan bermain saham jika kamu memang mengerti cara menjalankannya. Investasi ini bisa jadi pilihan agar tetap untung dalam jangka panjang.

Nah, sekarang sudah tidak ada alasan untuk tidak menabung. Semua pasti memerlukan proses belajar, termasuk bagaimana cara mengelola uang dan bagaimana cara menyisihkan penghasilan untuk ditabung. So, selamat mencoba, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun