Pasang Loker

Susun Skala Prioritas Kerja dengan 5 Cara Ini!

Pekerjaan menumpuk memang telah menjadi rutinitas bagi setiap pekerja yang tidak bisa dihindari. Sebagai karyawan yang baik, maka segala pekerjaan memang wajib hukumnya untuk diselesaikan secara baik dan tepat waktu. Namun ketika pekerjaan semakin banyak dan menumpuk, sangat mudah bagi seorang karyawan merasa lelah hingga menimbulkan rasa bingung dalam memilah prioritas suatu pekerjaan. Untuk menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan, maka tidak ada salahnya jika seorang karyawan menyusun skala  prioritas pekerjaan guna menetukan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Jobhuners, kamu pernah memiliki pengalaman yang sama nggak? Yuk, simak beberapa tips dalam menyusun skala priorias pekerjaan berikut ini.

Membuat daftar pekerjaan secara mendetail

Sebelum melakukan pekerjaan, sebaiknya kamu membuat daftar mengenai seluruh pekerjaan yang akan dilakukan terlebih dahulu. Buat daftar tersebut dengan memilah berdasarkan jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang. Kemudian masukkan seluruh pekerjaan ke dalam daftar. Buatlah daftar ini sebagai alat pengingat dalam menyelesaiakan sebuah pekerjaan. Kamu bisa menggunakan daftar tersebut untuk memilih prioritas pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Membuat pertimbangan bedasarkan kepentingan dan waktu

Setiap pekerjaan yang muncul pasti memiliki kendala, risiko, dan bobot tersendiri. Ketika kamu telah mengetahuinya, maka yang perlu dilakukan ialah mempertimbangkan pekerjaan mana yang akan diambil terlebih dahulu berdasarkan kepentingan, prioritas, dan urgensi.

Membuat daftar mudah dilihat

Ketika kamu sudah membuat daftar skala prioritas pekerjan, maka ada baiknya kamu juga membuat daftar pekerjaan tersebut agar lebih mudah dilihat. Tujunnya supaya kamu selalu teringat akan prioritas pekerjaan yang akan dikerjakan. Menaruh daftar skala prioritas pekerjaan pada notes smartphone atau desktop merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan. Selain itu, menggunakan sticky notes atau menempelkan catatan pada tempat kerja juga bisa dilakukan supaya bisa mengingatkanmu.

Realistis dalam bekerja

Setelah segala target dan skala priotitas dibuat, maka langkah selanjutnya ialah bekerja. Namun dalam memenuhi skala prioritas pekerjaan, kamu perlu mengetahui batasan-batasan dan pemahaman pada diri kalau tidak ada pekerjaan yang selalu berjalan mulus. Untuk mengatasi hal tersebut maka kamu perlu realistis dalam bekerja, kemudian memberikan ruang pada diri untuk beberapa perubahan jika dibutuhkan suatu saat.

Mengerjakan dengan cepat, efektif, dan efisien

Dalam mengerjakan skala prioritas, diperlukan kerja yang cepat dan efektif karena masih ada lagi pekerjaan lain yang menanti. Dalam menghadirkan sebuah efisensi pekerjaan, maka mau tidak mau pekerja dituntut untuk bekerja lebih cepat dan efektif.

Itu tadi beberapa tips menyusun skala prioritas dalam pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, setelah membaca beberapa tips di atas, semoga Jobhuners semakin pandai menyusun skala prioritas pekerjaan ya.

Artikel ditulis oleh Gregorius Satrio Adi Arto Pambudi

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun