Pasang Loker

Tetap Produktif Saat Menganggur dengan Melakukan 7 Hal Ini

Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan data terbaru yang menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia per Februari 2019 menurun, namun dari sisi pendidikan mencatat bahwa lulusan diploma dan universitas semakin meningkat, yakni sebanyak 25%. Apakah kamu termasuk dari mereka yang masih menganggur dan sedang mencari pekerjaan, Jobhuners?

Ada kalanya setiap orang akan mengalami fase ini, fase tidak memiliki pekerjaan alias menganggur. Tak bisa disangkal bahwa menjadi seorang pengangguran bisa berdampak ke kehidupan kita. Misalnya,  karena menganggur, seseorang tidak mendapatkan pemasukan tetap sehingga kehabisan uang. Tidak hanya itu, mencari pekerjaan juga terkadang bisa melelahkan dan membuat stres. Namun, seperti life-quote kebanyakan, kamu tetap harus menjalaninya dan memaksimalkan momen tersebut. Kamu harus tetap produktif meski sedang tidak bekerja agar waktumu tidak terbuang sia-sia. Nah, berikut 7 hal yang bisa kamu lakukan.

Membuat rencana dan target

Menjadi pengangguran bukan berarti bermalas-malasan atau 24 jam penuh mencari pekerjaan. Buat jadwalmu lebih terorganisir dan efektif dengan adanya rencana serta target yang jelas. Bisa dimulai dari hal sederhana seperti membuat to-do list harian, hingga membuat rancangan step by step untuk mencapai target kariermu ke depan. Jangan lupa berkomitmen untuk mengikuti apapun yang sudah kamu tulis.

Mengambil kursus dan mengembangkan passion

Dilansir dari Forbes, sebagian besar perekrut menyarankan agar mengambil kursus di masa menganggur. Kamu bisa mulai belajar hal baru terkait passion-mu atau meng-upgrade kemampuan yang telah kamu miliki sebelumnya. Ini akan berguna untuk mengembangkan diri dan membuatmu lebih siap ketika diterima kerja nanti.

Mengikuti kegiatan sosial atau volunteer

Melakukan kegiatan sosial akan menunjukkan orang seperti apa kamu. Mislanya, ini menunjukkan bahwa uang bukanlah prioritasmu dan kamu senang membantu orang lain. Selain itu, kegiatan sukarela atau volunteer juga bisa ditambahkan ke dalam resume dan menjadi nilai plus tersendiri di mata perekrut.

Memperbaiki CV dan portofolio

Waktu luang yang banyak di masa menganggur bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki CV, baik dari segi isi ataupun tampilannya. Selain itu, meng-upgrade portofoliomu juga tak kalah penting. Kamu bisa mulai membangun portofolio online atau bisa juga dengan terlibat dalam project sukarela sehingga pengalamanmu bertambah.

Mengeksekusi ide-ide

Pernah terpikir membuat bisnis online atau menciptakan karya-karya unik? Apapun ide-ide menarik yang sebelumnya hanya disimpan di kepalamu, coba wujudkan saja sekarang. Ini bisa membantumu dalam mengembangkan diri dan tetap menjadi produktif meski sedang tidak bekerja.

Memperluas networking

Koneksi yang luas akan sangat membantumu dalam mensukseskan karier. Di masa menganggur, kamu bisa memanfaatkannya dengan hadir di acara networking atau mulai membangun koneksi online, seperti melalui LinkedIn. Membangun personal branding juga bisa kamu lakukan untuk menarik orang-orang yang potesial menjadi koneksi.

Aktif melamar pekerjaan

Di masa tidak bekerja, tentu saja melamar pekerjaan itu hal yang penting untuk dilakukan. Aktiflah melakukan job hunting dan menemukan peluang apapun. Ketahui kemampuan dan kelebihanmu lalu sebarkan lamaran ke berbagai perusahaan yang sesuai. Jangan lupa untuk follow-up setelah melakukannya.

Tidak bekerja bukanlah akhir dari hidup kok. Masa menganggur tidak selalu menyedihkan jika diisi dengan hal-hal positif yang bisa membuatmu tetap produktif. Istirahat sebentar juga tidak ada salahnya, kan? Selain 7 hal di atas, kamu bisa tambahkan sendiri strategi apa yang jadi andalanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *