Tidak Kunjung Dapat Kerja? Coba Cari Tahu Penyebabnya!

Di era persaingan yang semakin ketat seperti sekarang, mendapatkan pekerjaan bisa dibilang tidak mudah. Belum lagi bertambahnya pengangguran yang didominasi oleh para sarjana. Tak hanya itu saja, beberapa faktor lain seperti attitude, cara berkomunikasi, dan performa diri tentunya juga memiliki pengaruh terhadap hal ini lho, Jobhuners. Rata-rata para pencari kerja masa kini hanya mengutamakan hardskill, namun meremehkan softskill. Nah kalau begini, wajar saja rasa khawatir selalu ada dalam setiap diri seseorang fresh graduate yang ingin mulai menapaki karir mereka. Lalu kira-kira apa saja sih penyebab utama seseorang sulit mendapatkan pekerjaan mereka? Yuk, cari tahu jawabannya dan lakukan perubahan.

Untitled-1 (1)

Tidak memiliki passion

Sudah seharusnya setiap individu mampu menentukan apakah kegemaran yang ingin mereka kembangkan sebagai lahan pekerjaan yang menyenangkan di masa depan. Jangan lagi terkekang dengan pekerjaan hanya karena tuntutan. Maka dengan memiliki passion, tentu kamu akan merasa mendapatkan kenyamanan.

Belum menentukan tujuan

Setiap orang yang ingin berkembang tentu harus memiliki “setting plan with a big goals”. Membuat rencana dengan menentukan satu tujuan utama akan membantu kamu untuk bisa memilih dan mengutamakan prioritas kehidupan. Begitu juga halnya dengan pekerjaan, dengan miliki satu tujuan maka kamu akan semakin terpacu untuk segera mencapai hal itu.

Bukan mental petarung

Kalau kamu masih suka mengeluh, sering berputus asa, tak mau berusaha, dan tak mau mederita maka wajar saja jika pekerjaan susah kamu dapatkan. Karena dalam mendapatkan pekerjaan memang membutuhkan perjuangan untuk melawan semua bentuk persaingan. Dan begitu juga saat menjalankan pekerjaannya, tentu kamu harus memliki jiwa petarung hebat agar semakin mudah mencapai puncak kesuksesan.

Terlalu idealis

Hati-hati jika kamu salah satu dari orang yang berkarakter idealis seperti ini. Karena perusahaan jauh lebih membutuhkan karyawan yang mampu menyesuaikan dengan kepentingan perusahaan. Sehingga individu yang terlalu idealis akan kalah dengan yang mampu mengikuti harmoni perusahaan.

Kurang mencermati setiap peluang

Salah satu problematika yang sering terlewatkan untuk dapat memaksimalkan setiap kesempatan. Maka, rajin-rajinlah menggali informasi dan membaca setiap peluang terkini. Sehingga potensi yang kamu milki dapat semakin ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kurangnya networking

Memiliki banyak kenalan dan relasai dalam dunia pekerjaan memang syarat utama. Selain dapat semakin memperluas branding diri, kamu juga akan mendapatkan banyak pelajaran dari berbagai pengalaman kerabat kamu yang sudah terjun berkarir lebih dulu.

Memiliki standar gaji terlalu tinggi

Nah satu lagi masalah utama yang sering dijumpai tanpa disadari. Terlebih jika kamu masih seorang fresh graduate yang minim pengalaman, maka jangan berekspektasi tinggi pada besaran gaji yang kamu minta sekalipun bergelar sarjana. Karena  perusahaan tentu akan kembali menimbang keputusannya dengan menyesuaikan antara kemampuan dan pengalaman kamu yang berbanding lurus dengan keuntungan yang akan merekadapatkan.

Wah, cukup banyak juga ya faktor yang turut andil dalam kemudahan kamu untuk segera mendapatkan pekerjaan. So, dari beberapa point tersebut manakah yang ingin kalian ubah terlebih dulu?

About Author

Building my startups, Jobhun. Also managing DILo Surabaya coworking space. I also leading my communities, Facebook Developer Circles Surabaya and Tech In Asia City Chapter Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami