Pasang Loker

Tips Presentasi Anti Keki Saat Meeting yang Perlu Dicoba

Tips Presentasi Anti Keki Saat Meeting yang Perlu Dicoba

Dalam melaksanakan pekerjaan, memang nggak semuanya harus dilakukan sendiri. Ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan kita untuk bekerja secara tim. Biasanya kita perlu melakukan meeting agar bisa berkoordinasi dengan baik bersama tim. Bisa dibilang bahwa meeting sudah menjadi makanan sehari-hari. Melalui rapat bersama ini kita bisa mengeluarkan perspektif dan inovasi-inovasi baru yang bisa dibagikan. Wajar saja jika saat meeting kita diharuskan untuk bergantian berbicara dan mengutarakan pendapat. Nah, apakah kamu pernah mengalami sebuah situasi dimana saat giliranmu untuk menyampaikan pendapat kamu malah bingung harus berbicara apa? Atau bahkan kamu sangat malu dan canggung jika harus berbicara di depan banyak orang saat meeting. Nah, Jobhun coba memberikan beberapa tips sederhana yang bisa bikin kalian nggak keki saat presentasi meeting nih.

Pelajari meeting terlebih dahulu

Pertama, pelajari materi meeting terlebih dahulu. Seperti kata pepatah lama, “Sedia payung sebelum hujan”, kamu harus benar-benar memahami topik meeting, apa tujuan meeting, dan hal yang paling penting, kamu memahami peranmu dalam meeting tersebut. Dengan memahami hal-hal tersebut, kamu akan lebih mudah untuk berkontribusi dalam meeting. Datang ke meeting dengan well-prepared merupakan salah satu faktor bahwa kamu memiliki kredibilitas dan antusiasme tinggi.

Menjadi pendengar yang baik

Kedua, kamu perlu menjadi pendengar yang baik. Dengarkan dengan baik, apa saja yang dijelaskan oleh rekan kerjamu. Dengan mendengarkan, kamu akan lebih banyak mendapatkan insight dalam meeting tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menghindari mempertanyakan hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Nggak mau kan, ketahuan nggak fokus karena bertanya hal yang sudah jelas?

Membuat catatan kecil terstruktur

Ketiga, buat catatan kecil yang terstruktur. Catatan yang terstruktur membuatmu menjadi lebih mudah merangkai ide-ide kecil menjadi sesuatu yang utuh. Catat semua insight rekanmu yang menarik tanpa terkecuali. Jangan lupa untuk membuat poin-poin tentang apa saja yang akan kalian sampaikan. Cobalah lebih fokus pada insight-insight yang bisa menjadi solusi bagi problem yang menjadi topik meeting. 

Presentasi membutuhkan kemampuan public speaking

Terakhir, public speaking is the key! Saat kamu harus menyampaikan insight merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan. Sedikit saja ada kesalahan, presentasimu bisa gagal total. Nggak mau dong, sudah berpikir kreatif mencari inovasi baru, tapi inovasimu nggak sepenuhnya bisa ditangkap oleh peserta meeting hanya karena kamu grogi dan ngeblank? Oleh karena itu, sebelum berbicara cobalah untuk menenangkan diri dan hanya fokus pada apa yang akan kamu sampaikan. Perhatikan bahasa tubuhmu, jangan terlalu banyak membuat gerakan tangan. Cobalah untuk membangun engagement dengan audience melalui kontak mata. Terlebih lagi, bicaralah dengan pace, intonasi, dan volume yang tepat. 

Nah, buat Jobhuners yang masih kesulitan menerapkan tips terakhir, Jobhun menyediakan kelas khusus untuk mempelajari public speaking, yaitu Jobhun Academy Public Speaker. Dengan total 8 kali pertemuan saja, kalian sudah bisa mempelajari dari mulai pengetahuan dasar public speaking sampai praktek langsung, lho! Yuk segera daftar, ingat bahwa public speaking adalah investasi yang bagus untuk masa depan.

About Author

Content Writer intern who is highly interested in media, culture, and linguistics studies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami