Tips Sehat Bekerja di Rumah yang Bisa Dilakukan

Tips Sehat Bekerja di Rumah yang Harus Kamu Lakukan

Meskipun diam di rumah, Jobhuners dipaksa untuk tetap produktif bekerja atau melangsungkan kuliah online. Dalam masa pandemi COVID-19, kita wajib menjaga kesehatan fisik maupun mental. Menjaga kesehatan di rumah sangat penting agar tidak mudah tertular infeksi virus corona. Pasalnya, saat imunitas menurun, maka virus akan mudah menginfeksi tubuh. Jangan sampai saat bekerja di rumah untuk menghindari penyakit kamu malah terkapar sakit karena nggak terbiasa dengan cara baru bekerja di rumah. Bagaimana sih caranya tetap sehat saat bekerja di rumah? Simak tipsnya berikut ini!

Agar tetap sehat, kamu perlu menjaga pola hidup seperti sebelum pandemi. Meskipun berada di rumah aja membuat jam kerja lebih fleksibel, bekerja dengan jam yang tidak teratur bisa mempengaruhi kesehatanmu, lho! Berusahalah untuk tetap menerapkan jam kerja seperti biasa dan menggunakan waktu yang tersisa untuk beristirahat. Pastikan kamu nggak melewatkan waku makan karena terlalu sibuk bekerja ya!

Tetap menjaga pola hidup dengan baik seperti sebelum pandemi

Agar tetap sehat, kamu perlu menjaga pola hidup seperti sebelum pandemi dulu. Meskipun berada di rumah terus membuat jam kerja menjadi lebih fleksibel, namun bekerja dengan jam yang nggak teratur bisa memengaruhi kesehatanmu, lho! Berusahalah untuk tetap menerapkan jam kerja seperti biasa dan menggunakan waktu yang tersisa untuk beristirahat. Pastikan kamu nggak melewatkan waktu makan karena terlalu sibuk bekerja ya!

Melakukan stretching dan rutin berolahraga

Bekerja di rumah nggak memaksamu untuk berjalan jauh menuju kantor seperti biasanya. Kamu harus menggantinya dengan aktivitas bergerak untuk tetap menjaga kesehatan. Lakukan stretching dan olahraga ringan secara rutin! Berolahraga sebelum bekerja terbukti dapat meningkatkan produktivitas, lho! Sebaiknya kamu juga berjemur di pagi hari. Selain bisa menyehatkan karena meningkatkan kesehatan tulang, hal ini bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik juga.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Kesehatan tubuhmu juga dipengaruhi dari makanan yang kamu konsumsi. Diam di rumah membuatmu memiliki lebih banyak waktu untuk memasak, bukan? Manfaatkan waktu ini untuk membuat masakan sehat dengan gizi seimbang. Jika kamu terus-terusan mengkonsumsi junk food, hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatanmu, lho! Jangan lupa juga untuk rutin mengkonsumsi vitamin!

Duduk dengan posisi yang benar saat bekerja

Bekerja sambil berbaring atau tengkurap terlalu lama bisa menyebabkan sakit punggung, leher, bahu, atau otot-otot di bagian sendi menjadi kaku. Kamu nggak mau kan mengalami hal-hal tidak menyenangkan ini? Pastikan kamu menyediakan ruangan khusus untuk bekerja di rumah. Atau, kamu bisa menyulap kamar tidurmu menjadi ruang kerja dengan menambahkan meja dan kursi yang digunakan khusus untuk bekerja. 

Tetap bangun pagi agar pola tidur tetap teratur

Selama bekerja dari rumah, memang nggak akan ada yang menegurmu jika bangun kesiangan. Namun, terlalu banyak rebahan dan bangun kesiangan nggak bagus untuk kesehatan. Tubuhmu akan kembali beradaptasi dan kamu bisa terkena insomnia di malam hari. 

Selain itu, apabila bangun pagi, kamu memiliki waktu tambahan untuk memasak makanan sehat dan bisa menggunakan waktu tersebut untuk sarapan. Sarapan yang sehat dan santai tidak hanya dapat memberikan energi hingga siang hari, tapi juga bisa menyiapkan pikiran untuk lebih fokus saat bekerja.

Mengenali gejala-gejala COVID-19 dengan menggunakan layanan AlinaCov dari Alinamed

Jobhuners, apakah kamu khawatir dengan kondisi kesehatanmu di rumah? Kamu nggak perlu langsung datang ke rumah sakit bila kondisimu masih nggak enak badan. Pasalnya, saat ini para tenaga medis sedang kewalahan menangani lonjakan kasus COVID-19. Kamu bisa menggunakan layanan AlinaCov dari Alinamed untuk memastikan kesehatanmu selama di rumah aja.

Alinamed merupakan aplikasi homecare karya anak Surabaya. Alinamed memiliki layanan yang bisa mendatangkan dokter dari mana saja dan kapan saja. Di masa pandemi COVID-19, Alinamed merilis fitur Alinacov yang bisa digunakan untuk mengenali gejala-gelaja COVID-19.

Itu tadi tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan selama bekerja di rumah aja. Kamu sudah menerapkan tips nomor berapa nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami