Pasang Loker

Cerita Karier Waitatiri, Brand Creative Copywriter di Traveloka

Selama ini mungkin kamu sering mendengar tentang profesi copywriter. Tapi bagaimana jika profesi ini lebih spesifik lagi? Profesi Copywriter masih lebih general, ada lagi nih yang lebih spesifik, yakni Brand Creative Copywriter. Apa sih tugas dari profesi satu ini? Yuk cari tahu dari perjalanan karier Waitatiri, yang saat ini menjalani profesi Brand Creative Copywriter di Traveloka.

1. Apa sih brand creative copywriter itu? Apa saja tugas yang harus dikerjakan?

Di Traveloka, ada yang namanya Brand Creative Team. Kita bertanggungjawab untuk memberikan ide sampai memproduksi untuk marketing campaign-nya Traveloka. Output-nya bisa berupa video, misalnya iklan TV atau bioskop, audio seperti iklan radio, dan komunikasi di channel lainnya.

2. Bagaimana keseruan dan tantangan dalam menjalani profesi ini?

Hmm, serunya karena kita bekerja di bidang kreatif, jadi kita harus selalu come up dengan ide-ide baru. Nggak membosankan karena setiap ngide pasti masing-masing orang di tim bawa ide beda-beda, lucu, out of the box, sampai ide yang gila. Pas akhirnya dieksekusi, kita bisa melihat ide kita menjadi nyata, rewarding banget rasanya. Pokoknya seru, deh! Tantangannya, saat bikin sebuah campaign, kita nggak boleh cuma memikirkan ide dan hasilnya aja yang bagus, menarik, atau lucu, tapi kita di-challenge untuk bisa memberikan eksekusi terbaik sambil tetap menyampaikan pesan yang mau disampaikan ke audience, dengan menyesuaikan timeline dan budget tentunya.

3. Seperti apa proses yang harus Waitatiri lewati sampai akhirnya diterima menjadi brand creative copywriter di Traveloka?

Sebelum di Traveloka, aku memang udah ada pengalaman kerja sebagai copywriter. Awalnya aku daftar di website Traveloka, lalu aku dites dulu untuk melihat kemampuan menulis dan membuat ide storyline. Setelah itu interview, dan Alhamdulillah lolos. Fun fact, aku baru lolos screening setelah apply sebanyak 4 kali ke Traveloka dari zaman lulus kuliah dulu. Jadi buat kalian yang baca ini dan pernah gagal, jangan menyerah ya!

4. Menurut Waitatiri, bagaimana budaya kerja di lingkungan startup? Seperti apa keseruannya?

Satu hal yang aku hargai dari kerja di lingkungan ini, semua orang benar-benar memiliki inisiatif untuk memberikan hasil terbaik. Kalau ada yang bisa diimprove, ya diimprove. Nggak cuma terima kerjaan dan eksekusi. Walau keliatannya susah, tapi pas berada di lingkungan ini, jadi ikutan terpancing untuk ikutan mengasah kemampuan critical thinking. Lingkungan tempatku kerja juga positif banget, seru, nggak lupa bahagia anak-anaknya, haha. Jadi kerjanya nggak bikin pusing.

5. Menurut Kak Waitatiri, apa kualifikasi yang harus dimiliki agar bisa menjadi seorang copywriter? Apa ada kriteria khusus dari segi pendidikan atau kriteria lainnya

Kriteria dari segi pendidikan sih sepertinya nggak, ya. Kalau skill, pastinya. Aku dulu kuliah di program studi Jerman, nggak ada belajar copywriting selama kuliah. Yang penting minatnya. Kalau memang minat di bidang ini, ya terus pelajari, tekuni sampai itu jadi skill. Karena ujung-ujungnya itu yang menentukan.

6. Apa persiapan yang bisa dilakukan agar bisa berkarier menjadi seorang copywriter?

Perbanyak mencari referensi dan belajar dari orang lain. Tren akan selalu berkembang, dan ide juga nggak akan pernah habis. Kalau tertarik untuk copywriting di ranah campaign, coba deh lihat-lihat referensi iklan atau campaign yang menang award. Kadang bikin mikir “Wah, gila sih nggak kepikiran” dan jadi terpacu buat ngide!

7. Share dong, saran atau tips untuk Jobhuners yang ingin menjadi copywriter!

Jangan takut kalau belum jago-jago banget. When you’re not the smartest one in the room, it means you’re at the right place to grow. Yang penting, jangan berhenti belajar. Semangat, ya!

Nah, bagaimana nih menurutmu Jobhuners? Menyenangkan sekali ya profesi yang satu ini! Ingat pesan dari Waitatiri, kamu harus selalu belajar, jangan minder duluan ya. Sikap pantang menyerah ini lah yang menghantarkannya hingga bisa bekerja di salah satu startup unicorn. Terus berani mencoba ya, Jobhuners!

About Author

Nabila Aulia Putri
Public Relations & Creative Content Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami